Tuesday 22 August 2017

7 Phobia Terunik yang Belum Pernah Kamu Dengar



Apa yang terlintas di benakmu saat mendengar kata Phobia ? Mungkin sebagian dari kita langsung membayangkan objek yang mengerikan seperti darah, ketinggian, laba - laba, dan lain - lain. Phobia, seperti yang kalian ketahui, adalah rasa takut yang tidak masuk akal atau fenomena berlebihan terhadap suatu objek yang dapat mempengaruhi emosi dan perilaku seseorang. Setiap orang memiliki ketakutannya masing - masing dan ketakutan tersebut baru dapat dikatakan sebagai phobia jika memenuhi definisi diatas. Berikut penulis telah merangkum 7 phobia terunik yang belum pernah kamu dengar. Check it out !

1. Ablutophobia


 Kalau buat orang normal mandi itu merupakan kegiatan yang rutin kita lakukan. Tetapi bagi para penderita Ablutophobia, mandi adalah hal yang sangat mengerikan. Tidak bisa kita bayangkan, seandainya kita tidak mendi sepanjang hidup kita karena phobia yang satu ini. 


2. Bromidrophobia




Bromidrophobia adalah ketakutan akan bau badan. Orang dengan Bromidrophobia akan jadi gila bersih - bersih dan mandi. Bahkan dalam kasus yang cukup parah, penderita phobia ini akan melukai tubuhnya sendiri karena menggosok berlebihan saat mandi. 


3. Arithmophobia




Mungkin tanpa disadari sebagian besar pelajar di Indonesia mengalami phobia ini. Artihmophobia adalah ketakutan berlebih terhadap angka. Orang yang mengalami phobia ini biasanya akan pusing dan takut saat melihat angka. 


4. Gynophobia 




Gynophobia adalah ketakutan terhadap wanita. Gynophobia biasanya disebapkan adanya pengalaman buruk saat berinteraksi dengan wanita yang menyebapkan orang tersebut takut berbicara, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan wanita. 


5. Enochlophobia




Phobia yang satu ini merupakan phobia terhadap keramaian seperti mall, pasar, sekolah, dan lain - lain. Biasanya orang yang mengalami enochlophobia berusaha menghindari tempat keramaian meskipun orang tersebut tahu bahwa keramaian tidak bisa dielakan. 


6. Xyrophobia




Xenophobia adalah ketakutan irasional terhadap orang asing atau hal - hal asing. Jangan sampai tertukar antara kata benci ( rasisme ) dan takut. Misalnya seseorang yang mengalami xenophobia akan takut dengan orang yang berbeda ras bukan membenci orang yang berbeda ras. 

7. Panophobia




Panophobia mungkin adalah phobia yang paling aneh dari phobia - phobia lainnya. Panophobia dapat diartikan sebagai takut akan segala hal yang ada didunia ini. Orang yang mengalami phobia ini akan menganggap segala sesuatu menjadi sangat menakutkan. Sebagai contoh, ketika makan mereka takut jika terdapat racun di dalam makanannya, ketika mereka berjalan di jalan raya mereka takut tertabrak, dan takut akan hal lainnya yang membuat hidup mereka tidak tentram.


Ya, demikian 7 phobia yang penulis anggap kalian semua belum pernah dengar. Sekian dan terima kasih. Sampai jumpa di artikel berikutnnya. Ciao 

No comments:

Post a Comment