Thursday 3 August 2017

Text Negosiasi

Kegiatan negosiasi tidak lepas dari kehidupan manusia sehari-hari, mulai dari negosiasi bisnis, jual beli, di sekolah, lingkup masyarakat, keluarga, pengusaha dan pihak bank, dan lainnya. Nah disini saya akan memberikan beberapa text negosisasi beserta strukturnya.

1. Contoh Text Negosiasi di Sekolah

A. Negosisasi antara wali kelas dan ketua kelas berkaitan dengan rencana study wisata.

Wali Kelas : “ Ferdy, bagaimana rencana Study Wisata ke Wisma Berkat, apakah seluruh anggota kelas setuju ? “

Ketua Kelas : “ Saya sudah berbicara dengan mereka bu, tetapi ada usulan Study Wisata nya diganti ke Pantai Kuta saja bu. “

Wali Kelas : “ Wah, kenapa pada minta seperti itu ? “

Ketua Kelas : “ Karena kita sudah sering ke Wisma Berkat bu. Sedangkan, Pantai Kuta belum pernah sama sekali. “

Wali Kelas : “ Tapi ibu sudah bicarakan rencana ini ke bapak kepala sekolah dan beliau sudah setuju. “

Ketua Kelas : “ Iya bu, tetapi jika ke rencana semua sepertinya banyak teman – teman yang tidak ikut. “

Wali Kelas : “ Aduh bagaimana yah, padahal ibu sudah mempersiapkan semuanya. “

Ketua Kelas : “ Begini saja bu, biar saya dan teman – teman yang menghadap ke kepala sekolah dan membicarakan tentang rencana Study Wisata ke Pantai Kuta. “

Wali Kelas : “ Baiklah kalau begitu, secepatnya kamu bicara dengan beliau, laporkan ke ibu hasilnya. “

Ketua Kelas : “ Baik bu. “



B. Dua siswi sebuah sekolah SMP sedang bercakap – cakap tentang rencana mereka setelah lulus SMP

Indah : “ Kamu kalau lulus nanti mau lanjut ke mana ? “

Indri : “ Kalau aku mau daftar ke SMA Kristen Kanaan. “

Indah : “ Oh, yang katanya sekolah favorit itu ya ? “
           
Indri : “ Iya. “
             
Indah : “ Katanya sih persyaratannya berat loh. “
             
Indri : “ Iya aku tau. Kan siapa tau aku bisa diterima di sekolah itu. “
             
Indah : “ Aku sih percaya kamu diterima. Kamu kan pinter. “
             
Indri : “ Ah pinteran kamu deh kayaknya. Kalau kamu mau lanjut ke mana ? “
             
Indah : “ Aku belum mikirin itu. Gimana nanti aja deh. “
             
Indri : “ Maksud kamu ? “
             
Indah : “ Ya gimana nanti hasil nilai ujiannya. Aku mau fokus ke UN dulu biar dapat nilai bagus. “
             
Indri : “ Oh begitu. “
             
Indah : “ Persiapanmu gimana untuk UN nanti ? “
             
Indri : “ Aku sih masih santai, kan juga masih lama ujiannya. “
             
Indah : “ Jangan begitu. Kamu harus mempersiapkan diri jauh – jauh hari sebelum ujian. “
             
Indri : “ Ok Indah. “  


                                                
 




No comments:

Post a Comment